Tuesday, January 10, 2012

Bagaimana KFC Indonesia tetap seksi di usia 32 tahun

Sabtu kemarin aku mendapat kesempatan untuk brain picking marketing strategist KFC Indonesia saat kuliah metodology reasearch. Kuliah yang dibawakan sangat menarik yaitu 'Bagaimana KFC Indonesia tetap seksi setelah 32 tahun di Indonesia'.

Tidak banyak orang yang berpikir bagaimana KFC Indonesia mempertahankan pesonanya sejak awal berdiri pada tanggal 18 Oktober 1979 dengan satu buah outlet di melawai dengan system QSR, (Quick Service Restaurant) hingga bisa menjadi sebuah restoran dengan 420 outlet di Indonesia. Kesuksesan KFC ini tentunya tidak lepas dari berbagai strategi marketing KFC Indonesia yang inovatif untuk terus menerus memupuk cinta konsumen-nya, "kesalahan itu tipis kala cinta itu tebal, itulah the power of love" demikianlah rumus bapak Maman, PR dari KFC Indonesia.

dan inilah beberapa marketing strategi dari KFC Indonesia yang terbukti sukses memenangkan hati konsumen Indonesia, sehingga KFC Indonesia berhasil menempati posisi tertinggi di benak konsumen, dibandingkan dengan merk utama lainnya, berdasarkan survei BITS.

KEEP IT INTERESTING

Walaupun KFC Indonesia memiliki produk unggulan ayam Colonel’s Original Recipe dan Hot & Crispy, yang merupakan ayam goreng terlezat menurut berbagai survei konsumen di Indonesia. Namun KFC Indonesia tidak hanya puas dengan resep andalannya itu, sehingga berbagai inovasi menu baru selalu diluncurkan untuk memberikan pilihan dan variasi untuk konsumen, sehingga konsumen tidak bosan dengan menu yang itu-itu saja.

LOCATION, LOCATION, LOCATION

Bisnis jual ayam saat ini tamapak tidak dapat dilepaskan dari lokasi properti, demikianlah salah satu strategi andalan KFC Indonesia. Lokasi restoran menjadi salah satu strategi penting di era persaingan saat ini, sehingga pada Tahun 2009 KFC mulai berfokus pada restoran bertipe ‘free standing’ yang lebih seksi. Sehingga di mal KFC Indonesia mengutamakan menempatkan outletnya di lantai dasar dari pada lokasi di lantai lainnya. Kelebihan dari strategi ini antara lain adalah untuk meningkatkan ‘visibility’ brand KFC, dan memudahkan aksesibilitas konsumen, keleluasaan jam buka dan tutup restoran, keleluasaan akses saat akan diadakan event, dll.

FASTFOOD SEHAT

Adalah dua kata yang tidak Anda harapkan untuk muncul dalam satu kalimat, namun KFC Indonesia berhasil untuk menggabungkan keduanya. Melalui kegiatan CSR-nya KFC Indonesia bekerja sama dengan petani lokal untuk membina dan menjual hasil beras organik dari petani. Selain berkontribusi secara positif melalui program CSR-nya KFC Indonesia juga dengan sukses memberikan kesan yang positif untuk Image merk KFC Indonesia, sebagai restoran fastfood yang lebih sehat.

HARGA

Banyaknya restoran fastfood di Indonesia membuat harga menjadi faktor pertimbangan yang cukup sensitif untuk konsumen. Sehingga persaingan harga-pun tak dapat dihindari. KFC Indonesia menghadapi persaingan harga ini dengan membuat paket-paket hemat yang selain terjangkau juga memberikan value untuk konsumen dalam memilih menu di KFC.

SATU-SATUnya TUJUAN

Mengapa membuat konsumen Anda pergi ke berbagai tempat jika Anda bisa memenuhi semuanya? Buatlah Anda menjadi satu-satunya tempat tujuan. Pada tahun 2008 KFC mulai memperkenalkan restoran berkonsep ‘one-stop’, lengkap dengan berbagai fasilitas antara lain, internet corner, self-service booth, dan KFC CafĂ© counter yang terpisah dari counter utama KFC.

MUSIC STORE

Siapakah yang berpikir untuk menjual CD Music di restoran?
KFC Indonesia lah jawabannya.

KFC Indonesia mulai menjual CD pada awal 2007 untuk masuk ke komunitas remaja. Untuk menggaet pasar anak muda yang mudah berpindah-pindah merk ini, KFC Indonesia merangkul industri musik. Karena musik adalah bahasa yang universal. Tujuannya adalah untuk membentuk komunitas dan meningkatkan transaksi di outlet tentunya. Dengan kelebihan jangkauan distribusinya hingga ke 420 outlet, KFC Indonesia sukses memasarkan CD musik melalui Restoran KFC, Dimana konsumen yang makan di KFC akan dihibur dengan musik-musik yang dijual di KFC dan dapat langsung membelinya saat memesan makanan dengan harga yang terjangkau juga mendapat berbagai macam bonus. Kerja sama dengan industri musik ini secara tidak langsung juga memberikan pengaruh positif terhadap image merk KFC dengan kesan hip dan muda sesuai dengan komunitas anak muda yang ingin dituju KFC Indonesia.

KFC a.m

Agar tidak ketinggalan dari kompetitornya yang kini menyediakan menu sarapan, maka KFC-pun membuka layanan baru yaitu KFC a.m. KFC Indonesia dengan jam buka lebih awal (mulai jam 05.00-10.00) dan berbagai pilihan menu sarapan. Dengan jam buka restoran yang lebih lama tentunya akan mendatangkan transaksi lebih banyak. Namun menurut saya hal yang lebih penting adalah: Jika kompetitor Anda menyajikan sarapan untuk konsumen Anda, artinya... konsumen Anda membutuhkan 'seseorang' untuk menyiapkan sarapannya, dan Anda sebaiknya 'ada disana' untuk menyajikan sarapan untuk konsumen Anda.

FAST FASTFOOD

Sebagai restoran fastfood maka kecepatan penyajian KFC Indonesia adalah janji yang tersirat yang telah diharapkan oleh konsumen. Sehingga tahun 2011, KFC Indonesia menguji coba cara sistem pemesanan baru yang diharapkan akan membuat penyajian fastfood Anda bahkan lebih cepat lagi.

Demikianlah berbagai strategi bisnis KFC Indonesia yang terus menerus memupuk cinta di hati konsumennya, tidak heran KFC Indonesia berhasil menempati posisi 'Top of mind Awareness' dalam benak konsumen selama beberapa tahun berturut-turut.

Apakah Anda juga terus memupuk cinta konsumen Anda terhadap merk Anda?

Artikel ini ditulis sebagai tugas mata kuliah Research metodology, S2 Creative & Media Entreprise, International Design School

No comments: